Halaman

Minggu, 16 Juni 2019

4 Klasifikasi Menulis Buku Pendidikan

Jika Anda bingung bagaimana menulis buku pendidikan. Sepertinya Anda perlu mengetahui caranya. Berbicara tentang menulis buku, ternyata tidak hanya butuh skill saja, tetapi juga butuh yang namannya penguasaan aturan teknis, khususnya untuk buku-buku pendidikan.

Berbicara tentang buku pendidikan, sebenarnya ada beberapa klasifikasi buku pendidikan. Sayangnya, tidak semua orang tahu jika buku pendidikan memiliki beberapa turunan atau klasifikasi. Padahal, bagi seorang dosen atau guru yang fokus menulis buku pendidikan, penting sekali menguasai klasifikasi ini.

cara menulis buku pendidikan

Pada kesempatan kali ini akan membahas, apa saja sih klasifikasi tersebut. Setidaknya dengan klasifikasi yang akan dibahas di bawah akan memudahkan Anda ketika Anda hendak menulis buku pendidikan. Atau bagi anda yang kebetulan berprofesi sebagai dosen atau guru, dan memiliki skill menulis, Anda bisa juga mempelajarinya. Berikut beberapa klasifikasi menulis buku pendidikan.

Menulis Buku Pendidikan - Buku teks pelajaran


Seperti yang sudah kita tahu sebelumnya jika buku teks memiliki peranan fungsi yang besar dan tinggi. Khususnya untuk mendorong proses pembelajaran. Fungsi yang diberikan tidak hanya satu atau dua saja, tetapi ada beberapa manfaat. Diantaranya sebagai bahan referensi atau rujukan dalam proses belajar mengajar.

a. Fungsi Buku Teks Pelajaran

Manfaat dari segi pendidik dan peserta didik, juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan sebagai alat bantu pendidik. Untuk kasus tertentu, manfaat dari buku teks digunakan sebagai metode atau teknik guru/dosen mentransformasikan ilmu pengetahuan.

Adapun kelebihan dan daya tarik dari b uku teks pelajaran, khususnya bagi dosen atau guru penulis buku teks. Yaitu dapat digunakan untuk meningkatkan karir dosen/guru ataupun untuk kenaikan jabatan. Apalagi cara-cara ini sangat perlu.

b. Tujuan Buku Teks

Dari segi tujuan, buku teks memiliki tujuan sebagai penyampai materi sesuai dengan kurikulum pembelajaran. Secara tidak langsung, peserta didik juga memperoleh kesempatan untuk belajar sendiri. Jadi peserta didik dituntut bisa lebih mandiri untuk belajar.

Dari segi tujuan, buku teks juga masih berperan sama, yaitu sebagai buk pegangan untuk proses belajar mengajar. Bagi pendidik atau guru, buku teks juga dapat dijadikan sebagai media evaluasi pembelajaran.

c. Manfaat buku teks pelajaran

Dari segi kemanfaatannya, buku teks pelajaran sebenarnya dibuat berdasarkan kurikulum yang berlaku pada tahun tersebut. Jadi, metode pengajaran yang dilakukan sebagai salah pegangan guru. Tidak sekedar itu, peranan buku teks pelajaran ini berperan sebagai sumber penghasilan bagi penerbit yang menerbitkan dan bagi penulis, dari hasil penjualan buku tersebut.

Manfaat yang paling terasa kemanfaatnnya yang lain adalah, buku menstransformasi ilmu pengetahuan kepada pembaca. Dari para pembaca yang mengambil ilmu ini pun nantinya akan memperoh ilmu pengetahuan yang dapat diterapkan untuk kehidupan sehari-hari. Mulai untuk pekerjaan, memecahkan solusi terkait permasalahan sosial dan masih banyak lagi.

Menulis Buku Pendidikan - Buku pengayaan


Klasifikasi menulis buku pendidikan yang kedua ada jenis buku pengayaan. Buku pengayaan memiliki tiga kelompok bentuk buku. Ketiga kolompok tersebut meliputi buku pengayaan pengetahuan, buku pengayaan berbasis ketrampilan, buku pengayaan berbasis kepribadian. Berikut ulasannya.

a. Buku pengayaan pengetahuan

Buku pengayaan berbasis pengetahuan berisi matri yang menekankan penguasaan ilmu pengetahuan. Termasuk ilmu seni dan ilmu teknologi. Termasuk juga ilmu yang sifatnya memberikan wawasan kepada pembaca.

Ciri-ciri buku pengayaan pengetahuan berisi materi yang real. Dari segi isi, juga lebih menekankan pada pengembangan isi yang didasarkan pada kurikulum. Tidak sekedar itu saja, jadi ciri buku pengayaan ini juga memiliki penyajian yang lebih deskriptif dan disertai dengan gambar-gambar yang lebih menarik.

b. Buku pengayaan berbasis ketrampilan

Buku pengayaan berbasis ketrampilan sudah jelas, isi materi yang ditulis lebih menekankan pada pengawasan di bidang ilmu tertentu. Adapun ciri-ciri dari segi isi, yaitu lebih bersifat factual, dan memaparkan prosedur yang sesuai dengan ulasan bahasan yang hendak di tulis. Terkait dengan penyajian materi sendiri pun lebih berbentuk procedural.

Termasuk juga dalam penyajian isi buku secara keseluruhan. Misalnya dengan menggunakan gaya bahasa narasi dan deskripsi yang lebih detail. Untuk Anda yang hendak menulis buku pengayaan nih, perlu memperhatikan penggunaan bahasa, yaitu menggunakan bahasa yang sifatnya teknis.

c. Buku pengayaan berbasis kepribadian

Dari ketiga jenis buku pengayaan di atas, ketiga-tiganya memilki teknik pemaparan materi yang hampir mirip sama. Dari segi konten, isi buku bersifat factual. Dari segi isi juga masih meningkatkan dan memperkaya kualitas kepribadian, termasuk pengalaman batin.

Dari segi bahasa, penggunaan bahasa bisa menggunakan narasi deskriptif dan bisa menggunakan bahasa yang bersifat figuratif. Khusus bagi Anda yang ingin menyisipkan gambar, juga di perkenankan. Pastikan setiap gambar dan semacamnya di beri keterangan jelas. Agar pembaca juga jelas mempelajarinya.

Menulis Buku Pendidikan - Buku referensi


Apakah Anda binggung bagaimana menulis buku pendidikan referensi? Jadi, penulisan buku referensi itu sendiri sebenarnya ditulis dengan syarat tertentu. Misalnya, buku di tulis disesuaikan dengan keilmuan, terdapat peta keilmuan, ada studi kasus dan terdapat ilustrasi dibagian dalam.

Pada prinsipnya, buku referensi termasuk tulisan ilmiah yang dibuat dalam bentuk buku, yang sesuai dengan substansi dengan pembahasannya. Dimana setiap pembahasan yang di olah perlu di fokuskan pada satu ilmu bidang tertentu.


kerangka menulis buku pendidikan


Ditinjau dari tujuannya, buku referensi bertujuan untuk memperkuat argumentasi atau teori tulisan yang sedang Anda tulis. Sebenarnya tidak sekedar itu, tetapi juga membantu penulis menulis tanpa plagiarisme, sekaligus sebagai upaya untuk menghargai karya oranglain. Tujuan yang terakhir adalah, memberikan informasi kepada sang pembaca.

Penulisan referensi di tulis berdasarkan tujuan. Lantas seperti apa dan apa saja tujuan menulis buku pendidikan referensi. Salah satunya memberikan informasi kepada pembaca. Apalagi jika buku referensi itu digunakan untuk proses pembelajaran, maka buku referensi di buat lebih berkredibel dan lebih baik lagi tentunya.

Dalam hal gaya penulisan, buku referensi di tulis menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Gunakan bahasa yang sesuai dengan pangsa pasar. Misal buku diperuntukan untuk mahasiswa, maka bahasa yang digunakan pun juga menyesuaikan, bisa menggunakan bahasa ilmiah.

Dari segi penggunaan bahasa, ulasan bisa disesuaikan dengan tema atau cabang ilmu yang di ulas. Karena buku ini adalah buku referensi, maka dari segi tulisan, juga harus lebih baku. Hiindari penulisan menggunakan bahasa gaul atau bahasa alai. Karena tidak sesuai dengan aturan atau struktur.

Menulis Buku Pendidikan - Buku panduan pendidikan

Klasifikasi buku pendidikan yang terakhir penulisan buku panduan pendidikan sudah pasti memperhatikan tentang struktur pembuatan. Seperti yang kita tahu bahwa buku panduan juga perlu di buat semenarik mungkin. Pertanyaannya, lantas bagaimana agar buku panduan bisa menarik? Jawabannya sederhana, Anda bisa mengawali dengan membuat lead pembuka yang semenarik mungkin.

Barangkali Anda pun merasa kebingungan bagaimana caranya? Jadi Anda bisa mengawali dengan cara menghindari tampilan bentuk buku teks, di bagian isi tidak ada salahnya untuk menggunakan gambar atau diagram. Tidak boleh terlewat, yang tidak kalah penting adalah, jangan lupa untuk memberikan petunjuk.

cara menulis buku pendidikan terbaru

Terkait dengan struktur dan penulisan sistematikanya, sudah jelas jika buku disusun dengan memperhatikan beberapa poin, seperti memperhatikan penempatan sub pembahasan yang tepat, memperhatikan kelengkapan pembahasan.

Khusus untuk penempatan sub pembahasan sudah pasti mengulas lebih banyak, tentang konten yang tengah di bahas oleh penulis. Dari sudut pandang kelengkapan pembahasan, Anda pun juga bisa memulainya dengan melengkapi dan menyampaikan informasi sebanyak mungkin dan sedetail mungkin.

Itulah klasifikasi buku pendidikan yang perlu dipersiapkan sebelum menulis buku pendidikan. Dari paparan di atas, apakah Anda mulai terbantu? Atau sebaliknya? Jika Anda merasa ada yang kurang, Anda bisa memaksimalkan dengan mencari ulasan yang lain di artikel lain kami. Semoga ulasan kali ini bermanfaat. Selamat mencoba menulis.